Wednesday 13 July 2016

Rumah Belajar Bersyukur: Karena Hidup Lebih Indah dan Berwarna


Bersyukurlah setiap waktu dan kesempatan atas segala nikmat dan karunia dari Tuhan yang telah diberikan kepada kita semua. Sampai kapanpun kita tidak akan pernah bisa menghitung segala anugerah dari Allah SWT. Mulai dari kesehatan jasmani dan rohani, ilmu yang bermanfaat, dan rezeki yang melimpah, halal, dan barokah.

Marilah kita renungkan sejenak. Bagaimana jantung kita yang terus bekerja, berdetak tanpa henti memompa seluruh darah kita untuk disebarkan ke seluruh anggota badan fisik kita. Keadaan normal orang dewasa jantung bekerja untuk berdenyut sebanyak 60-100 kali permenit. Setiap denyutan jantung akan memompa kurang lebih 70 ml darah. Rata-rata detak jantung pada orang sehat 70 kali permenit, sehingga dalam semenit jantung memompa darah sekitar 4.900 ml atau 4.9 liter darah. Jika dihitung jumlah darah yang dipompa jantung perjam adalah 249.000 ml atau 249 liter darah. Dan jumlah darah yang dipompa jantung dalam sehari adalah sebanyak 7.056.000 ml atau 7.056 liter darah perhari. Betapa sibuknya jantung kita setiap hari dan waktunya untuk mendukung kehidupan badan kita di dunia ini. Bayangkan kalau jantung kita berhenti beberapa detik saja. Tentunya kita semua bisa membayangkan apa yang terjadi pada tubuh kita.

Bukan hanya jantung saja, bagaimana paru-paru kita selalu bekerja, gainjal kita yang terus menyaring sari makanan dan minuman yang kita makan, bagaimana usus dan lambung kita yang setiap hari terus bekerja. Bagaimana organ-organ lainnya yang secara terus menerus bekerja untuk kehidupan kita. Mereka semua patuh dan tunduk terhadap perintah Allah SWT untuk bekerja mengabdi kepada kita untuk terus hidup di dunia ini sampai pada waktunya kita akan kembali.

Betapa banyaknya oksigen dan nitrogen yang gratis setiap saat dan waktu bagi kita. Tidak perlu membayar dan tanpa syarat apapun. Silahkan diambil dan dihirup sebanyak-banyaknya dan semaunya. Melimpahnya air bersih dan sumber makanan hewan dan tumbuhan. Silahkan diambil dan dimakan karena semuanya untuk mendukung kehidupan manusia di dunia ini. Apakah kita masih bisa menghitungnya atas semua itu, kemampuan kita hanya bisa menghitung apa yang kita lihat dan rasakan saja. Karena keterbatasan kita sebagai manusia.

Betapa sombong dan angkuhnya kita selama ini hidup di dunia ini. Selalu lupa akan segala kenikmatan dan anugerah yang diberikan oleh-Nya. Kita sering memalingkan dan mudah melupakan segala perintah dan larangannya. Bukankah sebagai orang baik dan berakhlak mulia, kita seharusnya memberikan yang terbaik kepada yang memberikan segala sesuatu kepada kita? Kenapa hanya kepada manusia saja kita membalas jasa baik mereka yang telah berjasa kepada kita? Bukankah ada yang jauh lebih besar yang memberikan segala keperluan kita?

Bersyukurlah setiap waktu dan kesempatan tanpa henti dan terus menerus, hanya dengan bersyukurlah kita memuliakan diri kita untuk berterima kasih kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya. Hanya itulah yang bisa kita berikan kepada Allah SWT untuk membalas-Nya. Implementasikanlah rasa syukur kita melalui hati, lisan dan perbuatan untuk melaksanakan segala perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-larangan-Nya.

Allah SWT berfirman dalam surat Ibrahim ayat 7: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni'mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni'mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Bersyukur adalah perintah syariat dari Allah SWT. Kita yang selalu melaksanakannya diberikanlah ganjaran dan kebaikan bagi kita dan keluarga kita. Bagi yang mengingkarinya karena kesombongan dan ketamakan, diberikanlah balasan azab yang pedih.

Marilah jadikanlah Rumah kita sebagai Rumah Belajar Bersyukur atas segala nikmat dan karunia dari Allah SWT. Karena hidup ini lebih indah dan berwarna. Griya  Dayu adalah Rumah Belajar Karena Hidup Lebih Indah dan Berwarna.



No comments:

Post a Comment