Monday 27 June 2016

Rumah Belajar: Karena Hidup Lebih Indah dan Bermakna


Rumah ibarat istana. Ya sebuah istana bagi keluarga dalam membina kehidupan di dunia ini bahkan dengan harapan bisa bersama-sama sampai ke negeri akhirat nanti. Bahkan juga ada yang populer mengatakan bahwa ‘rumahku adalah istanaku’, ‘rumahku adalah surgaku’. Betapa tingginya kemuliaan dan kemanfaatan sebuah rumah bagi sebuah keluarga. Karena memang sebuah rumah adalah kebutuhan primer yang utama dibandingkan dengan kebutuhan primer lainnya bagi setiap manusia.

Memiliki rumah yang indah, bersih, nyaman, sederhana, dan bersahaja merupakan dambaan setiap orang dan keluarga. Berawal dari sebuah keluarga lah semua pendidikan dasar dimulai dalam mewujudkan manusia-manusia yang baik maupun tidak baik. Di sebuah rumahlah kita semua tumbuh berkembang. Berawal dari diri yang masih kecil sampai pada diri kita yang semakin tua. Ya.. rumah adalah bahtera kita untuk hidup.

Jadikanlah rumah-rumah kita untuk menjadi rumah-rumah pembelajaran. Rumah yang memberikan kemanfaatan bagi kehidupan dan perkembangan anggota keluarga kita. Menjadikan rumah yang selalu senantiasa di rindukan oleh seluruh anggota keluarganya. Menjadikan rumah sebagai awal perubahan peradabaan bangsa dan negara yang lebih berkualitas. Penuhilah rumah-rumah kita dengan kebaikan dan keberkahan. Datangkanlah kualitas keberkahan itu dari segala penjuru melalui doa dan tingkah laku kita.

Isilah rumah kita dengan keanekaragaman warna kehidupan dan kehalalan dalam kesederhanaan. Hiasilah rumah kita dengan hiasan yang membahagiakan dunia dan di akhirat. Buanglah segala keegoan, kesombongan, kemunafikan, keserakahan, kebejatan dalam rumah kita. Karena hal-hal negatif itulah yang akan meracuni semua anggota keluarga kita dalam keterpurukan.

Sayangilah dan cintailah seluruh anggota keluarga kita, dengan cinta dan kasih sayang yang murnilah, karunia generasi penerus yang berkualitas dewa akan datang dengan sendirinya kepada kita dari keridhaan-Nya. Bimbinglah mereka semua menuju kemandirian dan kedewasaan.

Hidup ini begitu indah dan beraneka warna. Kebahagiaan dan kesedihan, kemanisan dan kepahitan, kecintaan dan kebencian, kejujuran dan kemunafikan, kasih sayang dan kedurhakaan. Pilihlah jalan yang lurus dan sesuai dengan keridhoaan-Nya. Karena kewajiban kita untuk menjalani manis pahitnya kehidupan di dunia ini.

Jadikanlah rumah kita sebagai rumah belajar, karena hidup lebih indah dan berwarna. Untuk menyongsong hari esok yang lebih gemilang. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment