Thursday 16 June 2016

Kajian Ilmu Tidak Harus di Ruang Kuliah atau sekolah


Belajar atau mengkaji ilmu dan pengetahuan tidak harus dilakukan di ruang kuliah, perpustakaan, laboratorium, ruang seminar, atau sekolahan. Di sebuah warung atau kedai kopi pun dapat dilakukan diskusi dan pembelajaran dalam membedah beberapa buku-buku dan kajian-kajian ilmu dan buadaya. Kajian dapat dilakukan sembari minum kopi dan susu rempah yang hangat dengan ditemani cemilan-cemilan jajanan yang nikmat dan lezat. Hidangan pisang goreng dan ubi rebus begitu pula nasi goreng spesial ataupun mie goreng sesuai dengan keinginan kita.

Di sebuah kedai atau warung yang kecil, berkumpul bersama dengan anak-anak muda yang juga mempunyai kegemaran ngopi bersama sembari berdiskusi dan mengasah kreatifitas dalam belajar mendengar dan menulis kreatif. Dengan diskusi yang panjang dan lebar penuh dengan canda dan tawa, seolah menghilangkan beban-beban kehidupan dalam keakraban bersama. Malam pun tak terasa membawa kita dalam kelarutan malam yang semakin dingin dan menusuk tulang mengiringi keashikan diskusi tentang fenomena sosial budaya dan humanistik yang terjadi di sekitar kita.

Semoga aktivitas keilmuan seperti ini yang dilakukan di malam bulan puasa sembari menunggu waktu sahur dapat dihitung oleh Allah sebagai ibadah berdzikir yang lebih dari seribu dzikir karena seribu kata telah terungkap menambah silaturahmi dan rasa syukur pada Allah.

No comments:

Post a Comment